Geram! Begini Tanggapan Keras Jokowi untuk Novanto yang Selalu Ruwet Menolak saat Mau Diperiksa KPK



Setyanovanto yang kembali di panggil oleh KPK untuk di check. Namu Novanto senantiasa menolak saat akan di check.

Presiden Joko Widodo merespons alasan Ketua DPR Setya Novanto yang menampik memenuhi panggilan pemeriksaan di KPK berkaitan masalah sangkaan korupsi e-KTP.

Novanto berdalih KPK mesti memohon izin Presiden terlebih dulu untuk mengecek dianya.

Menjawab alasan Novanto, Presiden Jokowi menyerahkan semua sistem hukum tersebut pada tata acara yang berlaku.

" Buka undang-undangnya semua. Buka undang-undangnya. Ketentuan mainnya seperti apa, disitulah dibarengi, " tutur Jokowi seperti diambil dari siaran pers resmi Istana, Rabu (15/11/2017).

Pasal 245 Ayat 1 Undang-Undang mengenai MPR, DPR, DPD, serta DPRD (UU MD3) yang sudah ditest materi Mahkamah Konstitusi memanglah mensyaratkan pemeriksaan anggota DPR mesti seizin presiden.

Namun, Pasal 245 Ayat 3 menyebutkan kalau ketentuan Ayat 1 tidak berlaku jika anggota DPR lakukan tindak pidana spesial, termasuk juga korupsi.

Pakar hukum tata negara Mahfud MD sebelumnya menilainya, penyidik KPK tidak perlu memohon izin Presiden terlebih dulu bila menginginkan mengecek Novanto.

" Cukup argumen untuk KPK menyebut paksa serta lakukan penahanan, " ucap Mahfud.

Novanto hari ini kembali tidak menghadiri kontrol di KPK. Sedianya, ia akan di check jadi tersangka dalam kasus sangkaan korupsi project e-KTP.

Saat di tanya mengapa tidak menghadiri pemeriksaan KPK, Novanto menjawab, dirinya harus membaca pidato pembukaan masa sidang ke-2 th. sidang 2017-2018.

" Iya, ini kan pembukaan masa sidang, saya mesti pidato, " kata Novanto waktu hendak masuk ruang rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan sudah mengirim surat pemberitahuan ketidakhadirannya ke KPK lewat kuasa hukumnya.

Novanto juga sebelumnya 3x tidak memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai saksi di KPK.

Sumber : http://nasional. kompas. com/read/2017/11/15/12181161/novanto-menolak-diperiksa-kpk-ini-komentar-jokowi

sumber:http://www.portalsuara.com/2017/11/jokowi-beri-nasehat-keras.html?page=3
Geram! Begini Tanggapan Keras Jokowi untuk Novanto yang Selalu Ruwet Menolak saat Mau Diperiksa KPK Geram! Begini Tanggapan Keras Jokowi untuk Novanto yang Selalu Ruwet Menolak saat Mau Diperiksa KPK Reviewed by Nadiria Sari on November 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar